Rabu, 14 April 2010

AbOuT DoRaEmOn





Doraemon (ドラえもん?) adalah sebuah serial manga Jepang yang diciptakan Fujiko F. Fujio (nama pena dari Hiroshi Fujimoto) dan Fujiko Fujio A. (nama pena dari Moto Abiko) yang kemudian
menjadi sebuah serial anime dan franchise Asia. Serial ini tentang sebuah robot kucing bernama Doraemon, yang dalam perjalanan kembali waktu dari abad ke-22 untuk membantu anak sekolah, Nobita Nobi (野比 のび太, Nobi Nobita?).

Serial ini pertama kali muncul pada bulan Desember 1969, ketika diterbitkan secara serentak di enam majalah yang berbeda. Secara total, 1.344 cerita diciptakan dalam serial aslinya, yang diterbitkan oleh Shogakukan di bawah Tentōmushi (てんとう 虫?) Merek manga, memanjang sampai empat puluh lima volume. Volume yang dikumpulkan di Takaoka Central Library di Toyama, Jepang. Fujio lahir di Toyama. Yaitu Media membeli lisensi untuk manga Doraemon pada 1990-an untuk rilis bahasa Inggris, tapi akhirnya memutuskan untuk tidak menerbitkannya karena kontroversi mungkin sekitarnya isinya. [Rujukan?] Namun, Doraemon: Nobita's Dinosaur 2006 (Film 26 di waralaba) mendapat skrining swasta di Washington DC pada bulan November 2008.
Nama "Doraemon" diterjemahkan secara kasar untuk "liar". Luar biasa, nama "Doraemon" (ドラえもん?) Ditulis dalam campuran Jepang dua skrip: katakana (ドラ), dan hiragana (え もん). "Dora" adalah dari "Dora Kuma" (kucing liar), dan korupsi dari nora (nyasar). "Emon" adalah komponen nama yang diberikan laki-laki, seperti Goemon, meskipun tidak lagi populer di masa lalu. "Dora" bukan dari Dora berarti gong, namun karena homophony itu, permainan kata seri ini, dengan mencintai Doraemon Dorayaki.
Doraemon dikirim kembali dalam waktu dengan cucu buyutnya Nobita Nobi's Sewashi untuk memperbaiki keadaan Nobita sehingga keturunannya bisa menikmati masa depan yang lebih baik. Dalam timeline asli, Nobita mengalami apa-apa selain kesengsaraan dan kemalangan sepanjang hidupnya. Sebagai akibatnya, kegagalan Nobita di sekolah dan kemudian, kariernya, telah meninggalkan garis keluarganya dilanda dengan masalah keuangan. Untuk mengubah sejarah dan kekayaan keluarga Nobi lebih baik, Sewashi mengiriminya disebut robot Doraemon.

Doraemon memiliki saku dari yang menghasilkan banyak gadget, obat-obatan, dan alat-alat dari masa depan. saku ini disebut yojigen-saku, atau kantong keempat dimensi. Beberapa gadget didasarkan pada nyata perangkat rumah tangga Jepang dengan twists aneh, tetapi kebanyakan sepenuhnya fiksi ilmiah (meskipun beberapa mungkin didasarkan pada folklor atau cerita agama). Ribuan dōgu telah ditampilkan dalam Doraemon. Beberapa [siapa?] Telah meletakkan jumlah dōgu di sekitar 4.500. Inilah yang membuat berbagai konstan Doraemon populer bahkan di kalangan pembaca dewasa / pemirsa. Pada seri, ketersediaan dogu kadang-kadang tergantung pada uang Doraemon telah tersedia, dan dia sering mengatakan dogu beberapa mahal di masa depan. Yang lebih terkenal termasuk helikopter bambu ", kepala kecil aksesori yang memungkinkan penerbangan, yang" Anywhere Door ", sebuah pintu yang membuka ke tempat keinginan pengguna, dan" Time Machine ". Beberapa dōgu berulang muncul juga dalam Fujiko F. Fujio 's karya lain seperti 21-Emon, Kiteretsu Daihyakka, Mikio untuk Mikio atau Paman.

Meskipun ia bisa mendengar dengan baik, Doraemon tidak memiliki telinga: telinga robot itu sudah dimakan oleh tikus, memberinya fobia seri-panjang makhluk.

Kisah-kisah yang formulais, biasanya terfokus pada perjuangan sehari-hari Nobita kelas empat, protagonis dari cerita. Dalam bab khas, Nobita pulang menangis tentang masalah yang dia hadapi di sekolah dan / atau lingkungan setempat. Setelah mendengar dia keluar, Doraemon selalu menawarkan nasihat membantu masalahnya (s), tapi itu tidak pernah cukup untuk Nobita, yang secara konsisten mencari "cepat, mudah" jalan keluar (yang menawarkan pemahaman kepada pemirsa seperti mengapa kehidupan Nobita berubah keluar jalan itu). Akhirnya, setelah Nobita's memohon dan / atau goading, Doraemon menghasilkan gadget futuristik keluar dari kantong tersebut untuk membantu Nobita mengatasi masalah itu, memberlakukan balas dendam, atau memamerkan pada teman-temannya. Karakter utama adalah satu-satunya perempuan Shizuka Minamoto (源 静香, Minamoto Shizuka?), Yang berfungsi sebagai semi-romantis pacar dari Nobita, tapi selain karakter, pendukung kecil. Nobita's teman utama manusia termasuk Gian, jagoan dikenal, dan Suneo, sombong kaya anak manja. Ada banyak karakter yang mendukung berulang, seperti Dekisugi, Nobita's orangtua, guru sekolahnya, keturunannya dari masa depan, dan adik Doraemon's, Dorami.

Nobita biasanya bertindak terlalu jauh, meskipun niat Doraemon terbaik dan peringatan, dan masuk ke masalah yang lebih dalam daripada sebelumnya. Terkadang, teman Nobita's (biasanya Suneo atau Jaian) mencuri gadget dan akhirnya menyalahgunakan mereka. Namun, pada akhir cerita, biasanya ada retribusi untuk karakter yang akhirnya menyalahgunakan mereka, dan moral yang diajarkan.


Sebagian besar episode Doraemon adalah komedi dengan pelajaran moral tentang nilai-nilai seperti integritas, ketekunan, keberanian, keluarga dan menghormati orang tua. Beberapa isu lingkungan penting yang sering dikunjungi, termasuk hewan tunawisma, pemanasan global, spesies yang terancam punah, penggundulan hutan, dan polusi. Topik seperti dinosaurus, teori bumi datar, lubang ulat perjalanan, Gulliver's Travels, dan sejarah Jepang sering dibahas.

Doraemon dianugerahi kartunis Jepang Asosiasi Award untuk keunggulan pada tahun 1973. Doraemon dianugerahi pertama Shogakukan Manga Award untuk manga anak-anak pada 1982, dan Osamu Tezuka Culture Award pertama pada tahun 1997. Pada bulan Maret 2008, Jepang Kementerian Luar Negeri menunjuk Doraemon sebagai pertama duta bangsa "anime" Juru bicara Departemen. Menjelaskan novel keputusan sebagai upaya untuk membantu masyarakat di negara-negara lain untuk memahami anime Jepang lebih baik dan memperdalam minat mereka pada budaya Jepang. "Tindakan Departemen Luar Negeri menegaskan bahwa Doraemon telah datang untuk dianggap sebagai ikon budaya Jepang Pada tahun 2002, adalah karakter anime diakui sebagai Hero Asia dalam survei fitur khusus yang dilakukan oleh majalah Time Asia..

Pada Desember 1969, manga Doraemon muncul secara serentak di enam bulanan majalah anak-anak yang berbeda itu. Majalah yang berjudul oleh tahun studi anak-anak, yang mencakup Yoiko (anak baik), Yōchien (taman kanak-kanak), dan Shogaku Ichinensei (kelas pertama sekolah dasar) untuk Shogaku Yonnensei (kelas empat SD). Pada tahun 1973, serial ini mulai muncul di dua majalah lebih, Shogaku Gonensei (kelas lima sekolah dasar) dan Shogaku Rokunensei (kelas enam sekolah dasar). Cerita-cerita yang ditampilkan dalam setiap majalah yang berbeda, yang berarti penulis awalnya menciptakan lebih dari enam cerita setiap bulannya. Pada tahun 1977, CoroCoro Comic diluncurkan sebagai majalah Doraemon. Asli manga berdasarkan film Doraemon juga dirilis di CoroCoro Comic. Kisah-kisah yang diawetkan dengan merek Tentōmushi adalah cerita yang ditemukan di majalah-majalah.

Sejak debut Doraemon pada tahun 1969, cerita-cerita telah selektif dikumpulkan ke empat puluh lima buku yang diterbitkan 1974-1996, yang memiliki sirkulasi lebih dari 80 juta pada tahun 1992. Selain itu, Doraemon telah muncul dalam berbagai seri manga oleh Shogakukan. Pada tahun 2005, Shogakukan menerbitkan serangkaian lima volume manga lebih dengan judul Doraemon + (Doraemon Plus), yang tidak ditemukan di empat puluh lima volume Tentōmushi pipi. seri lainnya Banyak sejak diproduksi, beberapa bukan dari pasokan resmi.

Doraemon tidak dilanjutkan di dua media karena pembaca maju di kelas dan akhir yang diyakini diperlukan. Kedua tidak dicetak ulang.

* Pada edisi Maret 1971 majalah Shogaku 4-nensei: Karena fakta bahwa pengunjung dari masa depan yang terlalu banyak menyebabkan masalah, pemerintah pada abad ke-22 lewat undang-undang untuk larangan perjalanan waktu sama sekali, berarti Doraemon harus kembali ke masa waktunya. Ia meninggalkan Nobita.

* Pada edisi Maret 1972 majalah Shogaku 4-nensei: Doraemon, untuk beberapa alasan, harus kembali ke masa depan tapi palsu masalah mekanik sehingga Nobita akan membiarkan dia pergi. Nobita mempercayainya dan berjanji untuk menunggu sampai Doraemon mendapat baik. Menyadari bahwa Nobita dapat menangani kepergiannya, Doraemon memberitahu yang sebenarnya dan Nobita menerimanya. Doraemon kembali ke masa depan.

Akhir ketiga sebenarnya dimaksudkan untuk menjadi resmi berakhir karena rating TV yang rendah dan duo Fujiko Fujio sibuk dengan pekerjaan lainnya, tetapi Doraemon tidak meninggalkan pikiran mereka dan ulang dalam isu bulan depan. Pada tahun 1981, episode ini dibuat menjadi anime (disebut "Doraemon Comes Back"), dan pada tahun 1998, ini dirilis sebagai film anime.

* Pada edisi Maret 1973 majalah Shogaku 4-nensei, Nobita kembali pulang ke rumah setelah kalah bertempur melawan Gian. Doraemon lalu menjelaskan bahwa ia harus kembali. Nobita mencoba untuk memiliki Doraemon tinggal tapi setelah membicarakannya dengan orang tuanya, ia menerima kepergian Doraemon's. Mereka berjalan-jalan terakhir di taman. Setelah mereka berpisah, Nobita pertemuan Gian dan masuk ke bertengkar lagi. Setelah duel lama dengan Nobita mencoba untuk menang di semua biaya sehingga Doraemon dapat pergi tanpa khawatir, Gian menyerah (yang memberikan Nobita menang) karena tidak peduli apa, Nobita menolak untuk tinggal di bawah. Doraemon menemukan Nobita pingsan dengan mulut berdarah dan membawanya pulang. Duduk di samping, kembali tidur Doraemon Nobita ke masa depan. Cerita ini dicetak ulang dalam bab terakhir dari manga Buku 6.

Ketika duo Fujiko Fujio bubar pada tahun 1987, gagasan tentang seorang pejabat berakhir dengan seri itu tidak pernah dibahas. Sejak Fujiko F. meninggal tahun 1996 sebelum keputusan tercapai, setiap "ujung" dari Doraemon adalah fiksi fan. Namun, jelas dari banyak episode dan film mana Nobita melakukan perjalanan ke masa depan yang pada akhirnya dia menikah dengan Shizuka, menjalani hidup bahagia dan memisahkan dengan Doraemon, walaupun Nobita dan teman-temannya sayang ingat dia.

Salah satu akhiran Fanfiction paling produktif adalah dengan Nobuo Sato. Di akhir cerita ini, daya baterai Doraemon's berlari keluar, dan Nobita diberikan pilihan antara mengganti baterai di dalam Doraemon beku, yang akan menyebabkan ke reset dan kehilangan semua memori, atau menunggu seorang teknisi robot yang kompeten yang akan bisa membangkitkan kucing -robot satu hari. Nobita bersumpah bahwa hari bekerja keras di sekolah, lulus dengan kehormatan, dan menjadi teknisi robot itu. Di masa depan, ia mengungkapkan bahwa Jepang telah menjadi Republik, dan Hidetoshi Dekisugi adalah Presiden. Dia berhasil dibangkitkan Doraemon di masa depan sebagai profesor robot, menjadi sukses sebagai pengembang AI, dan dengan demikian hidup bahagia selamanya, sehingga membebaskan keturunannya dari beban keuangan yang menyebabkan Doraemon untuk dikirim ke ruang-waktu di tempat pertama. Sebuah manga dōjin untuk mengakhiri ini dibuat oleh seorang "Tajima T Yasue" pada tahun 2005, dan terjual 13.000 kopi sebelum Shogakukan menghentikan penerbitannya. Tajima meminta maaf kepada Shogakukan pada tahun 2007 dan membayar sejumlah uang yang dirahasiakan untuk penyelesaian.
Setelah serial animasi singkat dan tidak populer pada tahun 1973 oleh Nippon televisi, Doraemon tetap cukup eksklusif dalam bentuk manga sampai 1979 ketika sebuah studio animasi yang baru dibentuk, Shin-EI Animasi (Sekarang dimiliki oleh TV Asahi) menghasilkan serial anime Doraemon. Seri ini menjadi sangat populer, dan berakhir dengan 1.049 episode pada tanggal 25 Maret 2005.

Di akhir seri pertama, Nobita menemukan sebuah kotak berbentuk Doraemon dalam laci. Keesokan harinya, yang akan terjadi Hari April Mop, Nobita menertawakan oleh Suneo dan Gian, yang terakhir menipunya tentang kembalinya Doraemon's. Dia gembira home run dan menanyakan kepada ibunya apakah Doraemon kembali dan menemukan kebenaran. Nobita tidak tahan dan membuka kotak itu. Di dalamnya adalah botol liquid. Dia mendengar suara Doraemon yang menjelaskan bahwa ramuan disebut Uso 800 (terletak 800) digunakan untuk membuat semua kebohongan peminum berkata benar. Nobita menggunakannya untuk memainkan beberapa trik di Gian, dan Suneo, seperti mengambil pertama meliputi kemudian mengatakan bahwa cuaca yakin bagus, yang menjadi bohong dan hujan mulai turun berat sebelum ia mengatakan itu hujan lebat dan hujan berhenti. Gian dan Suneo takut pergi setelah beberapa trik dan ketika Nobita mengatakan apa yang terjadi. Nobita sangat gembira pada awalnya, tetapi cepat kehilangan minat jika tidak ada Doraemon. Saat ia berjalan pulang, karena sebelumnya mempertanyakan apakah Doraemon kembali atau tidak, ibunya bertanya apakah dia bisa menemukan Doraemon, ia sadar berkata, dalam kekecewaan besar, kebenaran tentang Doraemon tidak pernah datang kembali, seperti apa Doraemon kepada Nobita sebelum nya keberangkatan. Sejak ramuan masih berlaku, ketika ia tiba di kamarnya ia menemukan Doraemon di sana, dan mereka memiliki reuni bahagia, tetapi karena pengaruh ramuan, semua menyambut gembira dan kata-kata harus diucapkan dengan cara yang berlawanan seperti saya Saya sangat tidak senang bahwa kita tidak pernah bisa bersama lagi .. Memperpanjang akhir dari serial animasi akhirnya disesuaikan dengan cerita pertama Buku 7 di manga, dengan sedikit perubahan (yaitu Bukannya mendengar suara Doraemon yang menjelaskan penggunaan ramuan, ia menemukan kartu di dalam kotak menggambarkan menggunakan dari ramuan).

Merayakan ulang tahun Doraemon, sebuah serial Doraemon baru diproduksi oleh tim yang sama sebagai seri 1979 (bekerja sama dengan Studio Pierrot), mulai ditayangkan di TV Asahi pada 15 April 2005 dengan aktor suara baru dan staf, dan diperbarui desain karakter.
Pada tahun 1980, Toho dirilis pertama dari serangkaian panjang fitur tahunan film animasi berdasarkan volume lengthly khusus diterbitkan setiap tahun. Film-film yang lebih action-petualangan berorientasi dan tidak seperti anime dan manga, sebagian didasarkan pada cerita-cerita dalam buku, mereka memiliki lebih dari shōnen demografis, mengambil karakter akrab Doraemon dan menempatkan mereka dalam berbagai pengaturan eksotis dan berbahaya. Nobita dan teman-temannya telah mengunjungi usia dinosaurus, jauh mencapai galaksi, jantung tergelap Afrika (di mana mereka menghadapi ras anjing berkaki dua makhluk), kedalaman laut, dan dunia sihir. Beberapa film didasarkan pada legenda seperti Atlantis, dan pada karya sastra seperti Perjalanan ke Barat dan Arab Malam. Beberapa film juga memiliki tema serius, terutama pada topik-topik lingkungan dan penggunaan teknologi. Secara keseluruhan, film memiliki nada yang agak gelap dalam cerita mereka, tidak seperti manga dan anime.

Film terbaru Doraemon, Nobita's Great Pertempuran Raja Mermaid, dirilis pada tanggal 6 Maret 2010.
Pada tanggal 22 April 2002, pada edisi khusus Asia Hero di Majalah Time, Doraemon terpilih sebagai salah satu dari 22 Pahlawan Asia. Menjadi karakter kartun hanya dipilih, Doraemon digambarkan sebagai "The Hero Cuddliest di Asia".

Pada tahun 2005, Masyarakat Jepang di New York dipilih Doraemon sebagai karya budaya yang signifikan dari otaku budaya pop Jepang melalui pameran Little Boy: The Arts of Japan's Exploding Subkultur, curated oleh artis terkenal Takashi Murakami. Dalam analisis Murakami, dia menyatakan bahwa plotlines formulais Doraemon yang ditandai pemenuhan "ingin" mentalitas 1970-an Jepang, di mana revolusi elektronik glamor gagasan bahwa orang bisa memecahkan masalah mereka dengan mesin-mesin dan gadget daripada kerja keras atau kecerdasan individu.

Pada tahun 2008, Departemen Luar Negeri Jepang menunjuk Doraemon sebagai duta budaya anime pertama.

Meskipun tidak memiliki penampilan pejabat di Amerika Serikat, Doraemon dipengaruhi sejumlah acara di jaringan TV yang berbasis, Nickelodeon. Doraemon adalah pendahulu-of-macam untuk serial TV animasi Butch Hartman, The OddParents Agak (yang mengudara pada saluran tersebut di atas), dan memiliki plot yang sama dan gaya humor. Kedua seri juga bertemu dengan popularitas tinggi di seluruh dunia.

Doraemon telah dianggap sebagai prototipe dari seri kartun slapstick modern untuk anak-anak seperti yang disebutkan di atas Fairly OddParents, SpongeBob SquarePants (lain menunjukkan buatan AS yang dibuat oleh Nickelodeon), dan memiliki Fujio Fujiko's Kiteretsu Daihyakka.

Doraemon adalah istilah pengetahuan umum di Jepang. Surat kabar juga teratur membuat referensi untuk Doraemon dan sakunya sebagai sesuatu dengan kemampuan untuk memenuhi semua keinginan. karakter lain dalam seri ini juga sering direferensikan pada acara TV dengan serupa mencari cast. Beberapa majalah telah menggunakan analogi bahwa Amerika adalah Takeshi dunia dan Jepang adalah miliknya sidekick Suneo

Doraemon dianugerahi pertama Shogakukan Manga Award untuk manga anak-anak pada tahun 1982, dan Osamu Tezuka Culture Award pertama pada tahun 1997.

Doraemon adalah sebuah fenomena budaya di Jepang dan dapat dilihat di banyak tempat. Misalnya, Doraemon adalah karakter yang digunakan sebagai promosi oleh Art Hikkoshi Pusat (アート 引越 センター, ato hikkoshi Senta?), Oleh sebuah perusahaan yang bergerak, dan Cocos, sebuah jaringan restoran. Doraemon juga muncul dalam permohonan untuk amal, yang "Doraemon Dana". mainan Doraemon dan hal baru ini juga sering ditemukan di Jepang, dengan ribuan item untuk dijual.

Doraemon, Nobita, dan karakter lainnya juga muncul dalam manga berbagai pendidikan. Doraemon juga disebutkan dalam beberapa anime dan manga oleh mangakas lain.

Doraemon adalah yang disebutkan dalam Blue Man Group saat ini menunjukkan berjalan di Tokyo. Blue Men memainkan potongan pendek dari lagu tema acara, dan satu don beanie Doraemon's.

Gitar perusahaan Jepang, ESP Guitars, membuat sebuah gitar berbentuk Doraemon.

Video musik untuk single "Dari Jarak Jauh" off Sepeda & sepeda roda tiga album dengan tindakan rumah ambien, The Orb berputar di sekitar Doraemon

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates